Selasa, 19 September 2017

Registrasi STR Online

Registrasi STR Online

Registrasi STR Online - STR adalah prasyarat harus yang perlu dipunyai seseorang perawat sebelumnya benar benar bisa terjun dalam dunia service kesehatan. Pembuatan STR saat ini makin dipermudah dengan danya system registrasi STR Perawat on-line yang dikerjakan serta bisa dibuka di semua lokasi di Indonesia. 
DINAS Kesehatan (Diskes) Propinsi Kalimantan Utara selalu berinovasi dalam service kesehatan pada orang-orang, terlebih memberi keringanan untuk tenaga kesehatan non Medis yang sudah mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) dari Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) dengan mengaplikasikan system On-line. 

Sekretaris Diskes Kaltara, Polly Mart Sijabat menyebutkan pihaknya sudah lakukan rilis STR On-line untuk profesi non medis seperti perawat, bidan serta analis kesehatan yang berada di kabupaten/kota supaya memperoleh keringanan untuk mengurusinya. 

Cek Status STR

“Karena sampai kini mereka mesti ke kantor serta isi dengan manual. Dengan terdapatnya on-line STR ini, mereka tidak bersusah payah sekali lagi tinggal click serta isi formulirnya, ” ungkap Polly pada Bulungan Post, Jumat (28/10) kemarin. 

Menurut dia, sampai kini banyak lulusan tenaga kesehatan non medis yang sudah lakukan pengurusan STR lewat uji kompetensi. Tetapi, seringkali alami keterlambatan. Karna, kata dia, waktu itu masih tetap tergabung dengan propinsi induk. 

“Kemarin kan masih tetap gabung di Kalimantan timur, jadi STR mereka alami keterlambatan. Terlebih banyak kabupaten/kota. Dengan terjadinya propinsi Kaltara, kami (Diskes) dengan terpadu melayani dengan system on-line sesuai sama apa yang diinginkan Pak Gubernur, ” tuturnya. 

Lalu bagaimana dengan tenaga kesehatan yang berdomisi di lokasi perbatasan terkait pada jaringan itu, kata dia, mereka bisa lakukan registrasi lewat cara mesti ada di ibu kota kecamatan untuk meregistrasi dengan on-line. 

“Kalau di lokasi perbatasan tak ada jaringan, sekurang-kurangnya mereka mesti ke ibu kota kecamatan supaya bisa registrasi dengan on-line, ” tuturnya. 

Sebab, menurutnya, STR begitu perlu karna adalah satu diantara bentuk legalitas untuk tenaga kesehatan untuk memberi service pada orang-orang terkhususnya pada beberapa pasien itu. “Kalau tidak mereka tidak dapat melayani pasien dirumah sakit ataupun klinik, ” tegasnya. 

Langkah untuk memperoleh STR itu, lanjut dia, lulusan tenaga kesehatan non medis dari beragam perguruan tinggi ataupun akademik, diharuskan ikuti uji kompetensi terutama lewat Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia. “Begitu lulus uji kompetensi, mereka sudah memperoleh STR serta dapat bekerja, “ ujarnya. (*/san/app) 


BERITA TERKAIT 

Untuk Berobat, dari Nunukan Ikhlas ke Tanjung Selor 
Rata-Rata Ada Karies serta Gigi Rapuh 
Siaga Peredaran Obat PCC di Kaltara, Pemakai Dapat Alami Kejang-Kejang 
Bersihkan Darah, Warga Sangat terpaksa ke Luar Daerah 
Baznas Tunggulah Sistem Administrasi 
Bupati Tegaskan Pasien Miskin Tetaplah Dilayani 
Dana Masih tetap Jadi Masalah Adelia Dirujuk 
Aplikasikan 3M Plus, Musim Penghujan Orang-orang Mesti Waspada 
Bulungan Belum juga Bebas Filariasis 
Tempat tinggal Sakit untuk Periode Panjang, Investasi Masuk, Sarana Kesehatan Mesti Lebih Baik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar