Rabu, 19 Juli 2017

Tugas Manager

Tugas Manager

Tugas Manager - apa saja ya?
1. Pekerjaan Paling utama Manajer

Pekerjaan dari seseorang manajer, yakni pekerjaan orang yang memegang kekuasaan teratas dalam aktivitas manajemen. Menurut Atmosudirdjo (1975) yaitu :
a. Memastikan semua apa yang perlu diraih atau dikerjakan (the setting of objectives)
b. Memimpin semua kesibukan serta semua sesuatunya untuk menyeleng-garakan perolehannya (leading the activities towards accomplish-ments), dan
c. Membuat semua sesuatunya terwujud sesuai sama apa yang sudah ditetapkan terlebih dulu (securing results according to predetermind objectives standars).
Singkatnya pekerjaan manajer yaitu 1) memastikan maksud serta standard, 2) memimpin penyelengaraan, serta 3) mengamankan hasil sesuai sama maksud serta standard.
Pendapat beda yakni Drucher dalam Wursanto (opcit) menyampaikan lima sisi pekerjaan pokok manajer, yakni :
a. Mengambil keputusan tujuan. Ia memastikan :
- apa yang juga akan jadikan sasaran
- apa maksud semestinya dalam masing-masing bagian sasaran
- apa yang perlu dikerjakan dan
- membuat tujuan dampaktif
b. Mengorganisasi
- Mengkaji aktivitas, putusan serta jalinan yang dibutuhkan
- Menggolong-golongkan pekerjaan
- Membagi pekerjaan
- Memecah-mecah aktivitas tentang beberapa pekerjaan yang bisa dimanajemeni
- Mengelompokkan unit serta pekerjaan dalam susunan organisasi
- Mempunyai orang untuk memanajemeni unit serta lakukan pekerjaan yang perlu ditangani
c. Berikan motivasi serta berkomunikasi
- Membuat tim yang terbagi dalam orang yang bertanggun jawab untuk beragam pekerjaan
d. Pengukuran
- Manajer memastikan ukuran serta sebagian factor yang baik untuk karya perusahaan atau untuk tiap-tiap orang yang ada pada perusahaan
e. Meningkatkan orang termasuk juga dianya.
Terkecuali dari dua pendapat tertulis diatas, juga sebagai pekerjaan manajer, yakni menggerakkan beberapa fungsi manajemen. Beberapa fungsi mana-jemen itu oleh beberapa pakar mengenai klasifikasi serta terminologinya belum juga ada perjanjian seperti diterangkan pada bab terlebih dulu. Tetapi bila dianalisis bisa diambil kesimpulan kalau beberapa fungsi manajemen itu mencakup : Rencana, organizing, actuating, and controlling. Diambil kesimpulan dengan akronim POAC. Beberapa fungsi ini dengan mendetail di jabarkan pada bab sendiri.
Tugas-tugas Manager dengan contoh bisa diliat pada gambar 4. 3


2. Manajer Serba Kuasa serta Serba Simbolik

Mansoer (1989) memiliki pendapat kalau ada dua pandangan tentang asumsi orang-orang ataupun oleh teori manajemen pada pekerjaan, yakni :
awal, pandangan yang berasumsi kalau manajer bertanggungjawab segera tentang tidak berhasil atau berhasilnya satu organisasi. Pandangan seperti ini, dijelaskan jadi manajemen serba kuasa (omnipotent view of management). Ke-2, demikian sebaliknya pandangan yang berasumsi bahwa
beberapa manajer itu sedikit saja pengaruhnya pada hasil yang diraih organisasi. Jadi menurut asumsi ini banyak berhasil atau kegagalan organisasi ditetapkan oleh aspek luar yang mengatur organisasi. Pandangan ini berikan label manajemen serba simbolik (symbolic view of management).

Melakukan peranan–fungsi 

- Rencana (Rencana)
- Organizing (pengorganisasian)
- Actuating (penggerakan), dan
- Controlling (pengawasan)


Manajemen serba kuasa. Pandangan ini tercermin dalam pernyataan kalau : manajer yang baik bisa merubah tembaga jadi emas. Pendapat ini mewakili teori manajemen yang menyebutkan kwalitas manajer satu organisasi memastikan kwalitas organisasinya sendiri. Asumsinya adalah ketidaksamaan organisasi dalam keefektivan serta efisiensinya dikarenakan oleh putusan serta aksi manajernya. Manajer yang baik menghadapi perubahan, mengeksploitasi peluang, melakukan perbaikan unjuk perbuatan yang jelek, serta mengarahkan, memimpin organisasinya kearah perolehan maksud, termasuk juga merubah maksud apabila dibutuhkan. Apabila keuntungan ber-tambah manajemen dapatkan credit penghargaan berbentuk bonus, memperoleh saham dsb. Apabila perusahaan tidak untung, dewan komisaris ganti manajer puncak dengan kepercayaan manajer baru, dapat melakukan perbaikan kondisi.
Manajemen serba simbolik. Pandangan simbolik mengenai manajemen ber-anggapan kalau tidak masuk akal bila beberapa manajer memiliki dampak demikian besar pada unjuk perbuatan organisasinya. Hasil satu organisasi di pengaruhi oleh beberapa aspek diluar organisasi yg tidak senantiasa bisa dipantau oleh manajer umpamanya : kondisi ekonomi, kebijaksanaan pemerintah, aksi saingan usaha, kondisi industri yang spesial, pengawasan tehnologi yang dipunyai, serta putusan-putusan yang di ambil oleh manajemen terdahulu.
Karna didukung oleh keadaan lingkungan yang untungkan, perusahaan dapat memperoleh untung banyak, bisnisnya berjalan ketika yang pas. Ketika harga minyak naik, perusahaan minyak nikmati keuntungan banyak serta ketika harga minyak turun, manajer perusahaan minyak tidak dapat banyak berbuat. Turun naiknya harga minyak tidak ditetapkan oleh manajer perusahaan minyak. Berikut tantangan pada pandangan kalau manajer serba kuasa. Pada kondisinya yang tebaik, pandangan manajemen serba simbolik menyebutkan manajer cuma mem-punyai beberapa efek terbatas saja pada hasil yang pokok dari organisasi. Apa yang diperbuat oleh manajer umumnya cuma memengaruhi hasil simbolik saja. Peranan manajer membuat pengertian pada keseram-pangan, kesemrautan, kebingungan serta kemenduaan. Manajemen mencip-takan ilusi pengawasan untuk keuntungan pemegang saham, berlangganan, karyawan serta orang-orang biasanya. Apabila suatu hal jalan baik, dibutuhkan seseorang untuk dipuji. Manajerlah yang memegang peranan karenanya. Demikian sebaliknya apabila kekeliruan berlangsung, dibutuhkan mencari kambing hitam. Itupun manajerlah yang bertindak jadi kambing hitamnya.
Riset menunjukkan kalau ganti manajer ketika perusahaan tidak untung, tidak menanggung kondisi juga akan beralih dari tidak untung jadi mujur. Memanglah ada perubahan pada berlangganan, karyawan dengan psikologis. Namun itu kadang-kadang yaitu ilusi belaka, meskipun perubahan sikap itu juga akan memiliki efek juga pada organisasi.

tupoksi manajer menurut para ahli
tugas pokok dan fungsi manajer menurut para ahli
tanggung jawab manajer
kegiatan yang dilakukan manajer
kegiatan manajer
tugas manajer menurut para ahli
tugas dan fungsi manajer
jelaskan tiga hal penting dari pengertian manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar